PENGERTIAN DAN MANFAAT E-BUSINESS DALAM DUNIA BISNIS.

PENGERTIAN
E‐business adalah
mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi
proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e‐business yang paling mudah
terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun
grosir. (Samantha Shurety.1999. E‐business with Net.Commerce. Prentice
Hall).
E‐business menurut IBM
adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk
memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan
proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan
teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. E‐business – Just What is
It? http://ebusiness.about.com/industry).
Definisi secara umum,
E-Bisnis adalah pertukaran informasi yang dimediasi secara elektronik
didalam organisasi dan eksternal stakeholder untuk mendukung proses
bisnis ( E-Business and E-Commerce management, Dave Chaffey, 2007).
MANFAAT
1. Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
2. Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
3. Memungkinkan
konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena
konsumen bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan
secara cepat.
4. Dalam beberapa kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, E‐Bisnis memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real‐time.
5. Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
DAMPAK
Dampak Positive- Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
- Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
- Menurunkan biaya operasional(operating cost).
- Melebarkan jangkauan (global reach).
- Meningkatkan customer loyality.
- Meningkatkan supplier management.
- Memperpendek waktu produksi.
- Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
- Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar , kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
sumber : https://saddamgozali.wordpress.com/2016/02/28/dampak-positif-dan-negatif-e-business-dan-e-commerce/
http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2013/05/16/perbedaan-e-commerce-e-bisnis/
0 komentar