PENGERTIAN DAN MANFAAT E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS.

PENGERTIAN 

                  Electronic Commerce ( e -commerce ) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk , jasa dan informasi melalui jaringan komputer . e -commerce merupakan bagian dari e - business, di mana cakupan e - business lebih luas , tidak hanya komersial tetapi juga mencakup mitra bisnis, pelayanan nasabah , lowongan pekerjaan . Selain teknologi jaringan www , teknologi e -commerce juga memerlukan database atau database (database ) , e - mail atau surat elektronik (e -mail ) , dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman lainnya , dan alat pembayaran untuk e -Commerce . Mengingat perdagangan elektronik ( e -commerce ) adalah maka pelanggan dapat mengakses dan melakukan pesanan dari berbagai tempat . Mengingat era teknologi canggih adalah pelanggan yang ingin mengakses e -commerce tidak harus berada di suatu tempat , itu karena di kota-kota besar di Indonesia memiliki banyak tempat yang menyediakan fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan laptop / notebook atau Personal Digital Assistant ( PDA ) dengan menggunakan teknologi wifi . Jadi waktu sekarang sangat diperlukan dan perusahaan diinginkan untuk menerapkan e - commerceservices . Penggunaan e-commerce di Indonesia masih sangat terbatas . Dari latar belakang yang ada maka penulis akan membahas bagaimana e -commerce pemanfaaatan dalam kepentingan bisnis mereka.


JENIS-JENIS E-COMMERCE
E-commerce dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Business to Business (B2B)
Business to Business eCommerce memiliki karakteristik:
-    Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
-     Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, layanan yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
-     Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
      -     Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

Business to Consumer (B2C)
Business to Consumer eCommerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
-     Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
-     Pelayanan (service) yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka layanan diberikan dengan menggunakan basis Web.
-     Layanan diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
-     Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.
MANFAAT
Manfaat dan Tantangan Penggunaan e-commerce Dalam Dunia Bisnis
      Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan.
 

 DAMPAK

Dampak E-commerceTerhadap Dunia bisnis
                Dalam kategori pertama, e-commerce berdampak pada akselerasi pertumbuhan direct marketing yang secara tradisional berbasis mail order (katalog) dan telemarketing. Kemunculan e-commerce memberikan beberapa dampak positif bagi aktivitas pemasaran, diantaranya:
-          Memudahkan promosi produk dan jasa secara interaktif dan real time melalui saluran komunikasi langsung via internet.
-          Menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak pelanggan di hampir semua belahan dunia.
-          Memberikan penghematan signifikan dalam hal biaya pengirima informasi dan produk terdigitalisasi (contoh perangkat lunak dan musik)
-          Menekan waktu siklus dan tugas–tugas administratif (terutama untuk pemasaran internasional) mulai dari pemesanan hingga pengiriman produk.
-          Layanan pelanggan yang lebih responsif dan memuaskan, karena pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih rinci dan merespon cepat secara online.
-          Memfasilitasi mass customization yang telah diterapkan pada sejumlah produk seperti kosmetik, mobil, rumah, komputer, kartu ucapan, dan berbagai macam produk lainnya.
-          Memudahkan aplikasi one-to-one atau direct advertising yang lebih efektif dibandingkan mass advertising.
-          Menghemat biaya dan waktu dalam menangani pemesanan, karena sistem pemesanan elektronik memungkinkan pemrosesan yang lebih cepat dan akurat.
-          Menghadirkan pasar maya/virtual (markespace) sebagai komplemen pasa tradisional (marketplace).



sumber  : http://totslatos.blogspot.co.id/2013/10/pemanfaatan-e-commerce-dalam-dunia.html

0 komentar